Ransomeware Jenis WannaCry Menyerang Seluruh Dunia! Ini Cara Pencegahan dan Penanganannya

indiatoday.intoday.in

Serangan secara masif ransomeware jenis WannaCry telah menyerang berbagai organisasi di seluruh belahan dunia. Lebih dari 70 negara telah merasakan serangan dari ransomeware ini. Si pembuat virus menginfeksi komputer Windows dengan mengunci dokumen seperti Word dan Excel dan meminta tebusan sebesar $400 dalam bentuk Bitcoin. 

Seiring dengan berbagai serangan WannaCry ini, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menegaskan perlu kecepatan dalam penanganan ransomeware ini. "Tersebarnya ransomeware ini demikian masif di seluruh dunia. Sehingga perlu kecepatan untuk penanganannya, bukan hitungan hari tapi tapi menit". Ungkap Rudiantara dalam situs kominfo.go.id 

Ransomeware WannaCry sendiri dijelaskan oleh Adi Jaelani dari Indonesia Security Incident Respons Team of Infrastructure (Id-SIRTII) menyerang secara global baik sektor swasta maupun pemerintah. Malware ini teridentifikasi sebagai varian ransomeware yang dikenal sebagai WannaCry, WannaDecrypt0r, WannaCryptor, WCRY.

Langkah antisipasi serangan WannaCry :

1. Melakukan backup data 
2. Melakukan patching service pada SMBv1 ( Link updatenya disini )
3. Jangan membuka file yang mencurigakan dari email
4. Instal antivirus dan internet security

Namun, bila sudah terinfeksi ransomeware WannaCry ini, maka dapat dilakukan :

1. Disable SMBv1
2. Block 139/445 & 3389 port
3. Melakukan patching pada service SMBv1
4. Bisa kunjungi situs ini untuk pertolongan ---> Klik disini

Informasi lebih lanjut terkait ransomeware WannaCry ini  dapat mengunjungi nomoreransome untuk mendapatkan cara tentang pemulihan komputer temen-temen. Semoga artikel cara pencegahan dan penanganan serangan ransomeware jenis WannaCry ini dapat membantu temen-temen yang membutuhkan.


Salam Logitek :) 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment