HATI-HATI PAKAI SMARTPHONE SAMBIL TIDURAN BISA MEMICU KEBUTAAN


Gadget merupakan perangkat yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Dari pagi hingga malam hari rasanya seperti ada yang terlewat bila tak menggunakan handphone. Namun, tahukah kamu bahaya yang mengintai bila berlama – lama menatap layar smartphone apalagi saat akan tidur?
Berikut ulasan tentang bahaya memakai smartphone sambil tiduran yang bisa memicu kebutaan yang dilansir dari Journal of Medicine.

Terjadi kasus kebutaan monokular (satu mata) sementara akibat melihat smartphone sambil tiduran. Dalam kasus ini, diberitakan bahwa ada dua wanita berusia 22 dan 40 tahun yang mengeluhkan satu mata mereka tiba-tiba tidak bisa melihat selama beberapa bulan. Sekali gejala kebutaan ini muncul, bisa berlangsung sampai 15 menit sebelum penglihatan mereka kembali seperti semula.

Awalnya tim medis mengira kebutaan sementara satu mata ini terjadi karena hal-hal lain semisal stroke ringan akibat penyumbatan pembuluh darah di otak. Tapi, setelah semua tes kesehatan menyatakan dua wanita tadi tidak mengalami masalah kesehatan.

Semua terjawab setelah dokter dari Rumah Sakit Mata Moorfield di London, Gordon Plant, bertanya kapan gejala kebutaan sementara itu terjadi. Tak disangka, keduanya sama-sama menjawab bila kebutaan itu muncul saat menggunakan smartphone sambil berbaring dengan satu mata melihat smartphone, sementara mata lain tertutup bantal.

Aktivitas seperti ini memaksa satu mata beradaptasi dengan layar terang smartphone, di saat mata lain berada dalam 'kegelapan' atau tertutup. Nah, tim dokter akhirnya mengkategorikan gejala tadi sebagai kebutaan sementara akibat smartphone

Untungnya, tim dokter menyebut bila kebutaan ini tidak mengindikasikan adanya penyakit serius dan bisa dihindari dengan menatap smartphone dengan kedua mata. Tentu, akan lebih baik bila kamu tidak menggunakan smartphone terlalu sering saat tiduran.

Itulah bahaya memakai smartphone sambil tiduran yang bisa picu kebutaan. Semoga bermanfaat yah guys n sis?!.
#Keeprightusing


Salam Logitek

Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
Unknown
admin
August 5, 2016 at 11:32 PM ×

Owalaaah sering banget gue main hp sambil tiduran..
Bahaya jg nih kalo sambil tiduran mulu :-d

Reply
avatar
LogikaTekno
admin
August 8, 2016 at 3:00 PM ×

Makannya kalo mau tidur lebih baik gak main hp gan, terlebih dalam gelap. Kalo memang harus nyalain hp, jaga jarak hp dengan badan agan sekitar 2 meter. Akan lebih baik kalo dinonaktifin tuh hp :)

Reply
avatar
LogikaTekno
admin
August 8, 2016 at 3:01 PM ×

Iya neeng.. sekarang kan udah tau, jadi lebih baik mencegah.
Semoga bermanfaat ajh :)

Reply
avatar
Bagas
admin
September 17, 2017 at 2:15 PM ×

makasih gan buat infonya

Reply
avatar
Thanks for your comment